Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

KEGUNAAN MINERAL MANGAN BAGI TUBUH

Postingan mypotik berikut ini adalah tentang beberapa kegunaan mineral mangan bagi kesehatan tubuh.


Memperkuat Tulang
Mineral mangan bermanfaat membantu pertumbuhan tulang yang sehat dan padat. Sebagian besar mangan di dalam tuibuh kita terdapat dalam struktur tulang.


Melindungi Sel terhadap Kerusakan Radikal Bebas
Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh sangat reaktif dan dapat menyerang sel-sel tubuh dan menyebabkan kerusakan radikal bebas. Mineral mangan diketahui memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal reaktivitas radikal bebas di dalam tubuh.


Membantu Aktivasi Enzim
Sebagian nutrisi memerlukan peran enzim-enzim tertentu agar dapat digunakan oleh tubuh kita. Tubuh kita menggunakan mineral mangan sebagai aktivator enzim-enzim yang membantu penggunaan beberapa nutrisi penting seperti thiamin, biotin, kolin, dan asam askorbat.


Membantu Metabolisma
Salah satu peran penting mineral mangan bagi tubuh kita adalah membantu metabolisma vitamin E dan vitamin B1. Mineral mangan juga membantu mengaktifkan sejumlah enzim yang terlibat dalam metabolisma karbohidrat, asam amino, dan kolesterol.


Mengendalikan Kadar Glukosa Darah
Mencukupi kebutuhan asupan mineral mangan dari makanan alami bermanfaat membantu mempertahankan kadar glukosa darah yang normal karena mineral mangan turut membantu tubuh mengendalikan kadar glukosa darah.


Menjaga Kesehatan Syaraf
Tubuh kita membutuhkan mineral mangan untuk membantu menjaga kesehatan sistem syaraf. Mineral mangan diketahui berperan membantu fungsi koordinasi antara otak, syaraf, dan otot.


Membantu Fungsi Kelenjar Tiroid
Mineral mangan juga bermanfaat menjaga kesehatan kelenjar tiroid (kelenjar gondok). Mineral mangan diketahui turut berperan dalam membantu fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang memproduksi hormon tiroksin yang dikenal sangat penting bagi metabolima tubuh.

Contoh makanan yang banyak mengandung mineral mangan antara lain beras cokelat, nanas, cengkeh, kayu manis, anggur, strawberry, kunyit, bawang putih, terong, biji labu, tempe, kedelai, ubi jalar, asparagus, dan tomat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEGUNAAN MINERAL MANGAN BAGI TUBUH"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner