Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

Diagnosa Penyakit dari Keluhan jari tangan

Semua mahluk hidup tidak mesti punya jari, dan hanya manusia yang selalu punya jari baik jari tangan maupun jari kaki. Jari merupakan bagian tubuh yang berfungsi membantu tugas manusia dalam melakukan aktivitasnya, tentunya untuk pekerjaan yang bersifat motorik.

Jari tangan terdiri dari sekelompok ruas tulang yang dibungkus daging atau otot. Jari tangan digunakan hampir untuk seluruh pekerjaan manusia seperti mengetik, mengusap, mencabut, memukul, makan, minum dan lain-lain yang termasuk pekerjaan inti manusia dan dilakukan dalam keseharian.

Bagian dari jari tangan manusia adalah sebagai berikut:

  1. Jempol: berbeda dengan jari yang lain karena tempatnya agak sedikit mundur ke belakang, memiliki ruas jari lebih sedikit dan agak pendek. Digunakan untuk memegang suatu benda dan menekannya ke bagian jari yang lain.
  2. Jari Telunjuk: Merupakan jari yang digunakan untuk menunjukkan atau mengisyaratkan sesuatu dan merupakan jari yang sangat penting dalam kegiatan menulis, memainkan alat musik, dll.
  3. Jari Tengah: dinamakan jari tengah memang letaknya tepat di tengah antara 4 jari yang lain. Merupakan jari terpanjang daripada jari yang lain.
  4. Jari Manis: Terletak diantara jari kelingking dan jari tengah. Biasanya juga dipasang cincin di jari manis.
  5. Jari Kelingking: Jari yang letaknya di pinggir sendiri dan panjangnya hampir sama dengan Jempol tapi bentuknya lebih kecil

Sensor penyakit melalui jari tangan


Seperti kita ketahui pada setiap tubuh kita jika mendapatkan rangsangan maka akan disalurkan ke otak untuk diolah lebih lanjut, dan otak akan memberikan umpan balik (feedback) atas rangsangan tersebut. Misalnya jika kita menginjak duri, kulit mengirim informasi ke otak dan otak mengolahnya sehingga yang akan kita rasakan nantinya suatu rasa sakit dan kita akan sedikit melompat dan tangan kita memegang kaki dan mulut kita berteriak.


Satu rangsangan dapat menimbulkan beberapa reaksi pada tubuh kita. Dan waktu yang dibutuhkan untuk menerima rangsangan, mengolah rangsangan dan memberikan umpak balik adalah sangat cepat, mungkin 1/1000 detik.

Tuhan memberikan sistem seperti ini yang tidak mungkin manusia membuat yang sama. Manusia hanya bisa mempelajarinya.

Salah satu yang bisa dipelajari adalah sistem saraf yang ada di sekitar tangan. Menurut ilmu akupuntur tradisional, perubahan warna tangan, tegangnya otot tangan, serta kelembamannya dapat mengidentifikasikan kesehatan seseorang.

Tanda-tanda penyakit dapat diketahui jika tangan terasa sakit bila dipijat pada titik tertentu, warna tangan dari merah menjadi keunguan, tangan sangat keras bila dipijat, tangan terasa lembek, atau terjadi pembengkakan.

Titik yang sakit ketika dipijat mengindkasikan penyakit yang ada dalam tubuh kita. Dengan memijat titik-titik tersebut secara teratur akan meringankan penyakit yang kita derita.

Kenali Gangguan Kesehatan dari Telapak Tangan Anda

Telapak tangan adalah bagian saraf paling ujung dari tubuh manusia. Apa saja yang berlaku pada tubuh manusia akan terlihat pada tangan. Tak heran bila telapan tangan bisa menunjukkan suatu penyakit yang ada di dalam tubuh seseorang.

Melalui telapak tangan, sebenarnya kita bisa mendeteksi lebih awal berbagai penyakit serta kelainan yang terjadi dalam tubuh kita, tanpa harus memeriksa lebih dulu ke dokter. Namun, untuk lebih memastikan penyakit atau kelainan tersebut boleh dikonfirmasi ke dokter untuk memberi pengobatan lebih lanjut.

Pada telapak tangan tersimpan 1000 rahasia kesehatan manusia. Analis telapak tangan atau 'The Sign of Hands' telah lama digunakan oleh bangsa Yunani. Itulah sebabnya mengapa analisis telapak tangan merupakan salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang berprofesi di bidang pengobatan ketika hendak merawat atau mengobati pasien yang datang berobat.

Di antara bagian telapak tangan yang bisa menunjukkan keadaan suatu penyakit dalam tubuh manusia adalah, telapak tangan bagian atas, telapak tangan bagian belakang, semua jari (dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari bagian atas dan kuku.

Berikut bebarapa gangguan kesehatan yang bisa dideteksi melalui bagian telapak tangan kita:

Penyakit jantung

Penemuan terbaru menunjukkan osteoarthritis dalam jari dapat menjadi petunjuk peringatan awal bagi pria bahwa mereka memiliki penyakit jantung. Para ilmuwan Finlandia meneliti 8000 orang dengan melihat ujung jari kelingking yang bengkok ke dalam, ditemukan 46 persen pria lebih beresiko meninggal di usia muda akibat serangan jantung dibanding pria tanpa osteoarthritis.

Alasan hubungan ini belum jelas tetapi para ahli mengira hal ini akibat tingkat lemak yang tinggi dalam darah yang dapat menutupi arteri atau dapat juga osteoarthritis menujukan rendahnya tingkat hormon seks pria, testoteron, yang melindungi pria terhadap penyakit jantung. Para ahli mengatakan satu alasan bahwa jari memberikan petunjuk bernilai bagi kesehatan karena gen yang mengontrol perkembangan juga mengontrol testis pada pria dan sel telur pada wanita.

Kanker payudara

Wanita dapat diketahui mereka beresiko memiliki kanker payudara di usia muda dengan membandingkan kesamaan kedua jarinya. Jika telunjuk lebih panjang dari jari manis, ini artinya mereka lebih memilki tingkat ostrogen yang lebih tinggi, suatu hormon yang membantu pertumbuhan kanker.

Autisme

Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2001 menunjukan anak autistic memiliki jari manis yang sangat panjang, ini menunjukkan mereka nampaknya memiliki jumlah testosteron yang tidak biasa dalam rahimnya yang mengakibatkan bentuk perilaku pria yang sangat berlebihan seperti kesulitan komunikasi dan kurang kesadaran terhadap kondisi emosional orang lain.

Masalah paru-paru

Ketika dokter melihat gejala masalah pernapasan, mereka seringkali memeriksa kuku tangan. Ini karena warna kulit dibawah kuku berubah menjadi corak biru ketika terjadi komplikasi pernapasan. Darah yang mengandung oksigen memiliki warna merah terang tetapi darah yang kehilangan oksigen berwarna merah gelap. Ini salah satu gejala yang muncul pada bayi yang mengidap bronchitis akut.

Stres

Dalam keadaan tertekan, tubuh akan mengeluarkan hormon streoid yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tanda-tanda di telapak tangan orang yang mengalami stres adalah terdapat urat-urat biru atau hijau di pergelangan tangan, telapak tangan dan di sepanjang jari-jari. Serta terlihat jelas di betis kaki.

Kekurangan vitamin

Noda putih di ujung jari menunjukan kekurangan zat seng. Seng penting untuk menjaga sistem kekebalan. Sumber makan mengandung seng antara lain susu, tiram, ayam, biri-biri, semua jenis biji-bijian, kacang dan sayuran berdaun hijau.

Berikut beberapa cara Diagnosa penyakit melalui Telapak Tangan

Analisis telapak tangan “The Sign of Hand ” telah lama digunakan oleh bangsa Yunani sejak ribuan tahun yang lalu. Itulah sebabnya analisis telapak tangan merupakan salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang Herbalis ketika hendak merawat penyakit pasien yang berobat kepadanya.

Tangan merupakan bagian saraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apa saja yang berlaku pada tubuh manusia akan terlihat pada tangan. Di antara bagian-bagian tangan yang bisa menunjukkan keadaan suatu penyakit yang berlaku pada manusia adalah; telapak tangan bagian atas, punggung tangan, semua jari (mulai dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari bagian atas dan kuku. Pengamatan pada telapak tangan adalah menyangkut perubahan warna dan perubahan fisik (biasanya bengkok ke kiri / kekanan / ke hadapan).

Masalah Kolon (Sembelit)

Penyakit bersumber dari masalah usus besar (kolon), dan sembelit merupakan masalah yang paling utama. Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah sembelit dan permasalahan kolon lainnya adalah sebagai berikut:

  • Garis-garis ruas jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.
  • Garis-garis yang ada pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.
  • Terdapat bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, menandakan lebih kronik dari garis-garis berwarna gelap di ruas jari-jari.
  • Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, maka mengindikasikan juga adanya masalah sembelit.
  • Permasalahan usus besar lainnya dapat dilihat pada keadaan ibu jari (jempol) yang bengkok
  • Jari telunjuk bengkok juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar.

indikasi dari sembelit adalah sebagai berikut :

  • Buang Air Besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak cukup kadarnya.
  • Buang Air Besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak keluar habis.
  • Terjadi kekurangan air dalam badan (kurang air minum)
  • Selalu Mengantuk
  • Buang Air Besar selang satu hari atau bahkan selang dua hari
  • Buang Air Besar mencret, menandakan sembelit yang parah

Jika terjadi keadaan sembelit yang sangat parah, dapat ditherapy dengan puasa air putih, dimana kotoran yang menempel di usus / kolon akan dikeluarkan perlahan-lahan lewat BAB dan biasanya berwarna kehitaman seperti ter (aspal).

Sembelit adalah sebuah permasalahan (sumber penyakit), namun wujudnya berupa penyakit-penyakit degeneratif seperti kencing manis, darah tinggi, asam urat, dan sebagainya.

Masalah  Paru-paru / angin

Masuk angin tak bisa dipisahkan dengan masalah sembelit. Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah angin adalah terdapat bintik-bintik putih di telapak tangan berwarna kemerah-merahan. Ada dua kemungkinan, jika dasar telapak tangan berwarna merah maka bintik-bintik berwarna putih. Dan sebaliknya jika dasar telapak tangan berwarna putih maka bintik-bintik berwarna merah. Hal ini diakibatkan oleh gas yang berlebihan.

indikasi dari Masuk angin adalah cepat marah / emosi; darah keluar lebih kental bila di bekam; suara tinggi dan pandangan tajam. Masuk angin ini terkait dengan masalah kolesterol.

Masalah Pikiran (Stress)

Alam fikiran menguasai 50% kesehatan pasien. Dalam keadaan tertekan (stress) yang berterusan tubuh akan mengeluarkan hormon steroid yang dapat melemahkan sistim imunity. Tanda-tanda di tangan pasien stress adalah terdapat urat-urat biru / hijau pergelangan tangan, telapak tangan dan disepanjang jari-jari serta sangat terlihat jelas di betis kaki.

indikasi dari stress adalah terlalu sedih, cepat marah / emosi; tidak nyenyak tidur dan terasa migrain. Masalah stress ini ada hubungannya dengan masalah jantung, paru-paru, dan kekurangan vitamin C.

Masalah Jantung

Masalah jantung tidak identik dengan penyakit jantung. Masalah jantung maksudnya adalah terdapat gangguan–gangguan pada organ jantung. Berlakunya arteriklorosis (penyumbatan arteri) adalah dikarenakan terjadinya kondisi stress yang berkepanjangan. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami gangguan jantung adalah sebagai berikut :

  • Jari kelingking yang bengkok mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam jantung.
  • Jari Tengah yang bengkok mengindikasikan adanya permasalahan pada organ pembungkus jantung.
  • Tapak tangan berpeluh / berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada jantung, paru-paru, sesak nafas dan stress.
  • Kuku bergelombang juga mengindikasikan adanya permasalahan jantung.

Simptom dari masalah jantung adalah dada kiri terasa sakit, kebas pada jari-jari, nyeri seperti di tusuk, mudah terperanjat, berdebar-debar, tidak lelap/sukar tidur. Masalah ini ada hubungannya dengan masalah kolesterol atau tingginya kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh.

Masalah Kolesterol

Masalah kolesterol hampir menimpa kebanyakan penduduk yang tinggal di wilayah pesisir pantai, yang diakibatkan oleh pola diet/makan. Masalah kolesterol sangat terkait erat dengan masalah jantung dan kardiovaskular. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan kolesterol ini adalah sebagai berikut :

  • Ruas ujung jari-jari berwarna lebih merah / lebih gelap dari ruas jari di bawahnya. semakin gelap warnanya menandakan kadar kolesterol di tubuh makin tinggi.
  • Telapak tangan berwarna merah, terlihat bengkak dan terdapat urat berwarna biru.

ciri dari masalah kolesterol adalah masalah emosi atau cepat marah. Masalah kolesterol terkait erat dengan masalah sembelit, masuk angin.

Masalah Alergi / Sinusitis

Masalah Alergi / Sinusitis hampir menimpa kebanyakan penduduk Asia. Masalah ini biasanya dikaitkan dengan masalah paru-paru (pernafasan) atau asma. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ini adalah terdapat urat-urat berwarna biru / kehijau-hijauan pada perut telapak tangan di bagian bawah ibu jari. Ibu Jari bagian atas kempot, juga menandakan berlakunya masalah sinusitis.

ciri dari masalah Alergi/Sinusitis adalah bersin-bersin, terutama di waktu pagi; rambut rontok, mata gatal, kaki pegal-pegal, cepat lelah, asma. Jika kondisi ini berkepanjangan maka akan menimbulkan masalah keputihan bagi perempuan, atau bawasir bagi laki-laki.

Masalah Inbalance Hormon (ketidakseimbangan Hormon)

Masalah inbalance hormon atau ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan berlakunya masalah berkurangnya keinginan seks (tapi tak identik dengan impotensi); masalah di rahim/peranakan. Masalah ini biasanya berlanjut pada masalah Tiroid, Ovarium, Prostat, Uterus, Fibroid (kista), Endrometris, dan Kanker Rahim.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan inbalance hormon adalah :

  • Telapak tangan berwarna pucat merah, terdapat urat berwarna biru dan terlihat sangat mencolok.
  • Telapak tangan licin/kesat dan kulit telapak tangan kering.
  • Terdapat bulan sabit terbalik hanya di kuku ibu jari menandakan hormon dalam keadaan balance. Sebaliknya apabila bulan sabit terbalik tersebut ada disemua kuku, atau ada di kuku-kuku lain selain ibu jari, maka menandakan terdapat masalah in balance hormon.
  • Jari Kelingking kempot menandakan berkurangnya kemampuan seks.
  • Ibu jari bengkok menandakan masalah kesuburan yang rendah.

ciri dari masalah in balance hormon adalah berkurangnya keinginan seks, perasaan rendah diri, kemurungan yang mendalam, bahkan depresi.

Masalah Wanita (Rahim dan Uterus)

Masalah wanita yang banyak dialami adalah masalah rahim jatuh (prolapsus); keputihan; senggugut; fibroid; endrometrosis. Masalah wanita ini apabila berkepanjangan akan menyebabkan terjadinya kanker rahim. Beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mudah terserang kanker :

  • Datang darah haid pada usia dibawah 10 tahun
  • Berhenti darah haid pada usia di atas 50 tahun
  • Tidak melahirkan anak
  • Melahirkan anak pada usia 35 tahun terutama anak sulung
  • Tidak menyusui anak
  • Pernah menderita kanker jinak (kista / tumor)
  • Memiliki garis keturunan terserang kanker
  • Pengguna Pil Kesuburan (Hormon) ataupun KB.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan wanita ini adalah :

  • Jari kelingking meruncing / menirus menandakan masalah rahim / peranakan.
  • Jari Kelingking bengkok bagian atasnya saja menandakan rahim jatuh (prolapsus); jika berkelanjutan akan mengarah pada permasalahan kista / tumor.

sebab dari masalah wanita adalah keputihan, dilep, stress dalam jangka waktu lama, cepat lelah.

Masalah Buah Pinggang (Ginjal)

Masalah buah pinggang yang banyak dialami adalah masalah pegal-pegal di pinggang, kencing tak tuntas, menahan kencing, batu karang/ginjal, kencing tak keluar (edena), kencing darah, dan lain sebagainya. Masalah Ginjal ada kaitannya dengan masalah hati dan jantung. Perlu diketahui bahwa kondisi kerusakan ginjal tidak melebihi 25% belum memberikan kesan sakit pada pasien. Apabila seorang Ayah/Ibu telah mengalami masalah ginjal, maka berdasarkan penelitian di Malaysia sekitar 60% anak yang dilahirkan akan mewarisi masalah ginjal tersebut.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ginjal ini adalah :

  • Ruas pertama dari seluruh jari –jari terlihat buncit / bengkak air.
  • Ruas pertama jari telunjuk berkerut-kerut / keriput, menandakan kurang air atau sering menahan air kencing, biasanya juga terlihat kelopak mata berwarna hitam.
  • Terasa sakit di tiga jari (ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah)
  • Ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.
  • Mata kaki bengkak atau mata bergelambir menandakan ada masalah ginjal dan jantung.
  • Ruas ujung jari-jari bengkok ke dalam menandakan adanya masalah batu karang/ginjal dan gout/asam urat.

sebab dari masalah ginjal adalah sakit di pinggang, obesitas, kebas ujung jari.

Masalah Lainnya

Selain tanda-tanda seperti yang diuraikan di atas, masih terdapat tanda-tanda lain yang bisa di lihat di telapak tangan, diantaranya adalah :

  • Apabila kuku bergelombang; strik (bergaris-2) dan telapak tangan keras / terdapat benjolan, ini menandakan keracunan / toksid heavy metal (logam berat).
  • Bawah mata dan telapak tangan terlihat pucat, banyak bintik-bintik putih dan urat berwarna biru tersebar merata menandakan seseorang mengalami masalah tekanan darah rendah atau anemia. Kondisi ini juga dapat di lihat jika kuku ditekan beberapa saat sampai berwarna putih, dan perlu waktu yang lama untuk kembali kekeadaan normal.
  • Adanya garisan di tepi perut ibu jari, terlihat bergetar berwarna biru/hijau, ini menandakan adanya masalah tiroid atau masalah gastric/maag (angin dalam usus). sebabnya adalah jika letih / lapar terasa sakit di ulu hati.
  • Mata minus atau pernah mengalami kecelakaan (accident), dapat dilihat juga pada ujung jari kelingking yang bengkok.
  • Tanda kadar gula yang tinggi dapat dilihat di punggung jari-jari pas di bawah kuku, semakin gelap warnanya maka semakin tinggi kadar gulanya.
  • Kuku berwarna agak kemerah-merahan (pink) menunjukan seseorang mudah bingung.
  • Kuku bergelombang menunjukan kelainan (gangguan) pada hati
  • Kuku bergaris menunjukan kelainan (gangguan pada ginjal)

Masalah Daya Tahan Tubuh (Sistim Imunity)

Dari keseluruhan tanda-tanda yang dijelaskan diatas, adalah baru sebatas indikasi adanya permasalahan pada organ yang bersangkutan. Permasalahan tersebut akan ujud pada pasien apabila sistim imunity tubuhnya dalam keadaan menurun/rendah. Tanda-tanda system imunity rendah adalah :

  • Ujung Jari manis terlihat bengkok mengindikasikan menurunnya sistim imunity. Selain itu juga terdapat masalah pada usus kecil dan usus 12 jari (masalah pencernaan). Ini ada kaitanya juga dengan masalah empedu, ulu hati dan maag.
  • Telapak tangan berwama hitam legam menandakan kondisi daya tahan tubuh lemah dan jelek.
  • Telapak tangan cekung atau berlopak (cukup dalam) menandakan sistim imunity yang rendah, juga menandakan adanya ganguan pada saraf dalaman. Jika diiringi rasa sakit di pundak / belikat, maka pada wanita ada kaitannya dengan rahim/peranakan. Jika pria ada kaitannya dengan tenaga hayat.

Contoh kasus berlakunya keadaan penyakit yang melibatkan keadaan telapak tangan cekung :

  • Pada pasien yang berusia lebih dari 40 tahun, jika memiliki telapak tangan yang cekung, ruas jari pertama buncit, adanya sembelit, warna telapak tangan kemerahan dan lembab, maka dapat dipastikan pasien tersebut telah mengidap kencing manis (diabetes).
  • Pada pasien wanita dewasa, yang memiliki telapak tangan yang cekung, dan juga mengalami gangguan pada hormon tiroid, telapak tangan kepucat-pucatan/kebiru-biruan, masalah angin yang kronik, masalah alergi maka dapat dipastikan pasien ini telah mengidap penyakit keputihan, fibroid dan endrometriosis.
  • Ujung jari tengah bengkok, terdapat bintik­-bintik putih, telapak tangan licin, gemuk dan berkeringat, menandakan seseorang mengidap stroke / koleps.

ada cara mudah untuk mengetahui risiko penyakit yang mungkin akan diderita. Bukan melalui cek laboratorium atau menelusuri riwayat kesehatan, tapi sesederhana melihat jari-jari tangan, terutama jari telunjuk dan jari manis.

Mungkin metode ini terdengar tidak masuk akal, tapi beberapa penelitian makin banyak dilakukan untuk mendukung metode ini. Yang terbaru adalah studi yang dimuat dalam British Journal of Cancer yang menyimpulkan bahwa ukuran jari telunjuk yang lebih panjang dari jari tangan lainnya lebih rendah risikonya untuk terkena kanker prostat.

Teorinya begini, panjang jari-jari tangan ditentukan sejak janin di dalam kandungan dan dipengaruhi oleh paparan hormon estrogen dan testosteron. Hormon seks pria, testosteron, memengaruhi panjang jari manis dan hormon estrogen memengaruhi panjang jari telunjuk.

Sebelum mengetahui risiko penyakit lain, pertama amati jari tangan Anda untuk melihat panjang jari telunjuk dan jari manis.

Jika jari manis lebih panjang dari telunjuk:

Anda berisiko mengalami penyakit: 

  • Osteoarthritis. Peneliti dari Universitas Nottingham menemukan orang yang jari manisnya lebih panjang dari jari telunjuk beresiko dua kali lipat menderita osteoarthirits di bagian lututnya. Tim peneliti menyimpulkan hal itu setelah mengukur jari-jari 2.000 orang
  • Anoreksia. Walau belum disimpulkan, tapi menurut John Manning, ahli biologi, ada bukti-bukti bahwa orang yang menderita anoreksia biasanya punya ukuran jari manis yang panjang.
  • Flu. Dalam penelitian yang dilakukan Manning terhadap 200 orang di Liverpool ditemukan orang yang jari manisnya panjang cenderung lebih mudah terkena flu. "Hormon testosteron berpengaruh pada sistem imun tubuh sehingga seseorang lebih mudah terpapar infeksi," katanya.
  • Autisme. Beberapa penelitian menunjukkan orang dalam kelompok jari manis panjang beresiko lebih tinggi menderita autisme atau ADHD.
  • Kabar baiknya, orang yang jari manisnya panjang cenderung tidak merokok. "Ini karena hormon testosteron berkaitan dengan tipe orang yang ekstrovert. Sementara itu kebiasaan merokok biasanya dilakukan orang yang introvert," kata Manning.

Jika jari telunjuk lebih panjang dari jari manis

Anda beresiko terkena penyakit: 

  • Kanker payudara atau serviks: Wanita berusia 35-75 tahun yang menderita kanker payudara biasanya memiliki ukuran jari telunjuk lebih panjang. Para peneliti menduga hal itu terkait dengan paparan estrogen di dalam kandungan. Hormon itu diketahui terkait dengan perkembangan kanker payudara.
  • Penyakit jantung: "Makin panjang ukuran jari manis, makin rendah risiko Anda terkena serangan jantung di usia muda," kata Manning. Ia berpendapat hormon testosteron bermanfaat untuk melindungi jantung.
  • Bulimia. "Kaum wanita lebih sering menderita bulimia dibanding pria dan fakta bahwa ukuran jari telunjuk yang panjang terkait bulimia makin menunjukkan bahwa hal ini berhubungan dengan paparan estrogen dalam kandungan," katanya.
  • Asma dan alergi.

Diagnosa penyakit dari kuku jari tangan

Sebetulnya semua penyakit dapat dilihat dari luar tubuh manusia. Mata, wajah, lidah dan kuku dapat mencerminkan kesehatan seseorang karena apa yang ada di dalam tubuh kita tercermin ke luar tubuh.

Salah satu bagian tubuh yang dapat mencerminkan kesehatan seseorang adalah kuku jari kita. Kuku jari kita berbentuk seperti bulan sabit yang terbalik, dan dengan ini kondisi kesehatan akan terbaca. Ada beberapa fakta yang aneh (karena jarang dan mungkin belum pernah kita dengar) tentang kuku jari yang harus kita ketahui.

Berikut adalah tanda-tanda yang harus diperhatikan jika muncul pada telapak tangan Anda:

Kuku berubah warna

Kuku yang sehat seharusnya berwarna merah muda. Jika kuku Anda berubah warna menjadi kuning kehijauan, maka kemungkinan besar Anda terkena infeksi jamur. Selain itu, kuku yang berwarna kuning juga bisa menjadi pertanda penyakit paru-paru. Sementara itu kulit yang terlihat gelap bisa menjadi tanda-tanda psoriasis. Jika ada perubahan warna pada kuku Anda, ada baiknya segera hubungi dokter.

Kuku berbentuk sendok

Kuku yang sehat terlihat lebar pada bagian bawah dan mengerucut pada bagian atas. Jika kuku Anda terlihat sebaliknya, dan menyerupai sendok, ini merupakan tanda kekurangan zat besi atau anemia. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi suplemen zat besi atau banyak makan sayur yang berdaun. Jika kuku Anda terlihat sedikit menggembung seperti bola, maka ini lebih berbahaya lagi. Kuku yang seperti bola menunjukkan adanya penyakit dalam seperti kanker paru-paru atau penyakit jantung.

Benjolan pada jari

Benjolan pada jari yang dekat dengan kuku adalah tanda pertama untuk osteoarthritis. Benjolan ini muncul karena penyakit yang menyebabkan persendian merenggang dan memunculkan tulang baru.

Tangan bergetar

Tangan memang biasanya bergetar dalam skala tertentu, namun jika getaran tangan Anda bisa terlihat dan cenderung berlebihan, maka kemungkinan Anda memiliki gejala penyakit Parkinson, yang mempengaruhi sistem saraf. Namun, terkadang tangan yang gemetar juga bisa disebabkan oleh stres, ketakutan, kebanyakan minum alkohol atau kopi. Anda mungkin juga memiliki getaran tangan yang diturunkan oleh orang tua Anda. Jika tak yakin, segera periksakan pada dokter.

Kulit kering

Kulit yang sangat kering bisa menjadi tanda kelenjar tiroid yang kurang aktif dan menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Ini juga bisa berarti Anda terkena alergi dari sabun atau kosmetik. Tangan juga kehilangan kelembaban ketika wanita mengalami menopause, karena kebanyakan kulit menjadi kering ketika tingkat hormon estrogen wanita menurun.

Telapak tangan merah

Sejak dulu, dokter melihat tangan yang merah sebagai tanda kelainan lever. Tangan yang terlihat merah disebabkan oleh pembuluh darah yang melebar. Hal ini disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang karena kerusakan pada lever. Tanda merah sering terlihat pada tepi luar pergelangan tangan, pangkal ibu jari, sepanjang pergelangan tangan dan jari kelingking. Tanda-tanda lainnya adalah kuku yang berwarna putih dan kulit yang kuning.

Telapak tangan berkeringat

Telapak tangan sering menjadi panas dan berkeringat ketika Anda gugup atau cemas. Namun jika hal ini terus terjadi, maka kemungkinan ada ada yang bermasalah dengan kelenjar tiroid Anda. Tiroid yang terlalu aktif menyebabkan peningkatan metabolisme. Ini berarti Anda membakar terlalu banyak kalori dan berkeringat lebih banyak.

Sekarang, coba lihat telapak tangan Anda. Adakah tanda-tanda seperti di atas? Jika iya, maka belum terlambat untuk segera memeriksakan diri ke dokter.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Diagnosa Penyakit dari Keluhan jari tangan"

  1. thanks buat infonya gan,, sangat bermanfaat sekali..

    BalasHapus
  2. lalu kalau si jari jarinyapadabengkok itu penyakit apa ?

    BalasHapus
  3. semoga Allah swt selalu senantiasa memberikan kesehatan dan kesembuhan kpd hamba, amin

    BalasHapus
  4. Kalau d ujung jari-jarinya tiba-tiba kaya terluka sayat gitu kenapa ya?? Sampe jari kaki juga perih huhuh

    BalasHapus
  5. Berserah diri kpada ALLAH SWT semoga hamba d jauhkan dri penyakit'yg berbahaya amin ya ALLAH.

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner