Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

HIDUP SEHAT DENGAN TEMULAWAK

Khasiat temulawak untuk kesehatan sangat banyak. Khasiat temulawak tersebut yang dimanfaatkan untuk kesehatan diantaranya adalah untuk mengatasi liver, radang sendi, rematik, peluruh haid, kolesterol tinggi, permasalahan dengan lambung, temulawak untuk sembelit, dan tentu saja khasia temulawak yang berhubungan dengan yang biasa kita sudah kenal, yaitu nafsu makan. Selain itu masih banyak manfaat temulawak yang lainnya.


Temulawak ( curcuma xanthorrhiza roxb ) adalah tumbuhan tahunan yang hidup merumpun serta berbatang semu berbentuk paduan sebagian pangkal daun yang terpadu. setiap batang mempunyai 2-9 helai daun, bunganya berukuran pendek serta lebar, warna putih atau kuning tua serta pangkal bunga berwarna ungu. 

Tanaman temulawak bisa berbunga secara terus-menerus sepanjang tahun dengan bergantian yang keluar dari rimpangnya. Rimpang induk bisa mempunyai 3-4 buah rimpang. Warna kulit rimpang cokelat kemerahan atau kuning tua, namun warna daging rimpang oranye tua atau kuning.

Rimpang temulawak terbentuk didalam tanah pada kedalaman lebih kurang 16 cm. Setiap rumpun biasanya mempunyai 6 buah rimpang tua serta 5 buah rimpang muda. 

Berikut ini khasiat temulawak untuk kesehatan, resep dari dokter hembing sebagaimana dikutif dari Suara Karya.

1. Untuk gangguan lever, gunakan 25 gr temulawak dan 30 gr daun serut/mirten direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan airnya diminum selagi hangat.

2. Pada radang sendi, rematik, pegal linu, ambil 25 gr temulawak berikut 20 gr jahe merah direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

3. Untuk peluruh haid, gunakan 25 gr temulawak diblender dengan air secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan diminum.


4. Bila sakit radang kandung empedu, gunakan 30 gr temulawak diiris-iris lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

5. Untuk mengatasi batu empedu, gunakan 25 gr temulawak, 30 gr meniran dan gula aren secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

6. Menurunkan kadar kolesterol tinggi, gunakan 20 gr temulawak kering ditumbuk halus lalu diseduh dengan air panas secukupnya dan diminum hangat-hangat.


7. Mengatasi masalah radang lambung, gunakan 30 gr temulawak dipotong kecil-kecil lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.

8. Mengobati batuk dan radang saluran nafas, gunakan 25 gr temulawak diparut, tambahkan air matang secukupnya, saring lalu tambahkan madu secukupnya dan air perasan 1 buah jeruk nipis, kemudian diminum.

9. Untuk meningkatkan nafsu makan, ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.

Konsumsi resep di atas dua kali sehari dengan teratur. Untuk beberapa jenis penyakit yang berat atau serius disarankan Anda tetap untuk melakukan konsultasi ke dokter. Demikianlah share mengenai khasiat temulawak untuk kesehatan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HIDUP SEHAT DENGAN TEMULAWAK"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner