Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

TIPS MEMPERLAMBAT DATANGNYA UBAN PADA RAMBUT


Ciri penuaan yang timbul sebelum waktunya memang sangat menyebalkan, misalnya uban. Rambut putih yang muncul tidak pada waktunya, tentu akan merusak penampilan. Berikut beberapa hal yang dapat memperlambat munculnya uban:


1. Bersantai
Salah satu penyebab munculnya uban adalah stres berlebihan. Stres membuat hormon tubuh terganggu, termasuk hormon yang berfungsi dalam penumbuhan rambut. Seimbangkan kesibukan Anda dengan kegiatan bersantai. Pergi spa ke salon, mandi air hangat, atau berolahraga bisa membuat tubuh Anda lebih rileks.

2. Stop merokok
Salah satu efek merokok adalah penuaan dini. Racun yang terkandung dalam rokok bisa merusak berbagai bagian tubuh, termasuk rambut. Uban dan keriput akan muncul lebih awal jika Anda tidak menghentikan kebiasaan merokok. 

3. Perbanyak minum
Jika tubuh Anda dehidrasi, maka nutrisi sulit mencapai folikel rambut. Hal tersebut dapat mengganggu kesehatan rambut. Salah satu efeknya adalah terganggunya pigmen yang membentuk warna rambut, sehingga memicu tumbuhnya uban lebih cepat.

4. Perbanyak mineral dan zat besi
Kurangnya zat besi dan mineral juga merupakan penyebab kerusakan rambut dan timbulnya uban. Mulailah perhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah yang kaya zat besi untuk rambut lebih sehat.

5. Konsumsi protein
Protein merupakan zat yang dapat menjaga kesehatan tubuh Anda, termasuk rambut. Pastikan Anda selalu mengkonsumsi protein setiap harinya. Ayam, telur dan ikan salmon merupakan beberapa makanan yang direkomendasikan. Mengkonsumsi makanan kaya protein bisa membuat rambut lebih indah.

6. Tidur cukup
Saat tidur tubuh melakukan berbagai proses, termasuk memperbaiki sel-sel di kulit kepala. Tubuh perlu waktu cukup untuk melakukan proses peremajaan secara maksimal. Tidur cukup selama tujuh jam sehari sangat mendukung proses perbaikan sel dan membantu memperlambat timbulnya uban. 

7. Berhenti mencabuti uban
Sangat tidak dianjurkan mencabut uban, karena akan berdampak buruk bagi kesehatan. Rambut tumbuh di bawah kulit kepala yang terdapat banyak saraf di dalamnya, karena itu mencabut akan mengganggu saraf. Akibatnya, sinyal saraf untuk memproduksi warna rambut akan terganggu. Biarkan saja rambut berproses secara alami, tidak perlu dipaksakan untuk mencabut uban.(Wtr4)

Sumber:http://www.metrotvnews.com/r
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MEMPERLAMBAT DATANGNYA UBAN PADA RAMBUT"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner