Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

PRIA KEGEMUKAN BERPOTENSI MENINGGAL 8 TAHUN LEBIH AWAL


Sebuah studi di Denmark menunjukkan bahwa lelaki yang kegemukan pada usia 20 tahun berpotensi delapan tahun lebih cepat meninggal daripada teman sebayanya. Penelitian ini dipresentasikan pada Kongres Internasional tentang Obesitas di Stockholm.


Hasilnya menunjukkan obesitas biasanya berkembang sebelum usia 20. Lebih dari 5.000 wajib militer berperan dalam penelitian ini. Mereka berusia antara 20 sampai umur 80 tahun. Sekitar 2.000 dari mereka termasuk menderita obesitas atau kegemukan.


Penelitian ini menyimpulkan bahwa risiko kematian pada lelaki yang menderita obesitas naik sekitar 10 persen. Ini melebihi tingkat sehat dari 25 poin indeks masa tubuh. Indeks ini digunakan untuk menentukan lemak tubuh seseorang melalui perhitungan dengan tinggi dan berat badan.


Pada usia 70 tahun, 70 persen laki-laki dalam kelompok berbobot pembanding dan 50 persen pada kelompok obesitas masih hidup. “Kami memperkirakan bahwa dari usia menengah orang dengan kegemukan itu cenderung meninggal delapan tahun lebih awal dari orang-orang dalam kelompok pembanding,”kata Esther Zimmermann dari Copenhagen University Hospital.


Zimmerman, yang memimpin tim peneliti di rumah sakit Institute of Preventive Medicine, mengatakan, penelitian mencatat pengaruh merokok, tahun kelahiran, dan pendidikan tetapi tidak faktor-faktor lain, seperti penyakit keturunan.


Penelitian itu tidak termasuk wanita, tetapi membenarkan temuan dibuat dalam studi serupa. Tahun lalu, sebuah studi di Amerika yang diterbitkan dalam jurnal medis BMJ mengatakan obesitas pada perempuan memperkecil usia mereka untuk mencapai 80 tahun. Persentasenya bahkan mencapai 80 persen.


Para peneliti menemukan bahwa untuk setiap kenaikan satu titik pada wanita indeks massa tubuh mereka memiliki kesempatan 12 persen lebih rendah dari yang masih hidup untuk usia 70 tahun yang berada dalam kesehatan yang baik.


Sebuah penelitian Inggris yang diterbitkan di Lancet pada tahun 2009 menemukan bahwa orang dengan indeks massa tubuh 30-35 meninggal tiga tahun lebih awal dari orang-orang sebaya. Sedangkan orang yang kegemukan dengan indeks di atas 40, kematiannya bisa delapan tahun lebih awal.
http://www.infeksi.com/articles.php?lng=in&pg=5145
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PRIA KEGEMUKAN BERPOTENSI MENINGGAL 8 TAHUN LEBIH AWAL"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner