Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

MANDI DENGAN SHOWER BERESIKO TERKENA SAKIT PARU-PARU


MANDI menggunakan pancuran atau shower ternyata tidak baik bagi kesehatan karena shower yang kotor dapat menghantarkan bakteri berbahaya dalam jumlah banyak.

Hal itu dikemukakan tim ilmuwan AS yang menemukan bahwa shower ternyata mengandung bakteri yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Bakteri yang bernama Mycobacterium avium (m avium) terdapat pada air di dalam shower dan jumlahnya 100 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan air yang ditampung dalam bak. M avium terdiri atas biofilm yang menempel di dalam shower, menurut National Academy of Science.

Dalam jurnal Proceedings yang dikutip BBCNews, para ahli mengungkapkan bahwa penemuan ini telah menjelaskan mengapa ada banyak kasus penyakit paru-paru yang menjangkiti orang yang cenderung mandi dengan shower ketimbang di bak mandi.

Setiap tetes air yang mengucur dari shower menghantarkan bakteri-bakteri M avium yang mampu bertahan lama di udara dan bila terhirup, dapat dengan mudah masuk ke bagian terdalam paru-paru, kata ilmuwan dari Universitas Colorado di Boulder. Salah satu ilmuwan, Norman Pace, mengatakan, "Jika wajah Anda tersiram air yang pertama kali mengucur dari shower, itu berarti Anda akan menghirup M avium yang nantinya akan masuk ke paru-paru."

Memang risiko terkena penyakit paru-paru tergolong kecil orang sehat, tapi pada orang dengan sistem imunitas yang rendah, seperti lansia dan perempuan hamil atau mereka yang tengah menderita suatu penyakit, M avium dapat dengan mudah menginfeksi paru-paru. Seseorang yang telah terkena bakteri M avium akan mengalami beberapa gejala diantaranya cepat letih, batuk kering, napas pendek, dan lesu

mediaindonesia.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MANDI DENGAN SHOWER BERESIKO TERKENA SAKIT PARU-PARU"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner