Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

JANGAN PANIK ! INILAH CARA MENGATASI LUMPUH SAAT TIDUR (SLEEP PARALYSIS)

Beberapa orang terkadang pernah mengalami rasa kaku atau lumpuh saat tidur yang disebut dengan sleep paralysis. Kondisi ini tentu saja bisa menimbulkan serangan panik. Bagaimana cara mengatasinya?

Kelumpuhan saat tidur (sleep paralysis) adalah suatu kondisi seseorang yang sedang berbaring terlentang saat baru saja tertidur atau baru akan terbangun tapi menemukan dirinya tidak bisa bergerak atau berbicara.

Kejadiannya bisa terjadi dalam waktu beberapa detik atau menit. Selama periode itu seseorang akan diliputi rasa takut atau panik yang terkadang disertai dengan berbagai halusinasi fantastis atau mengerikan.

Seperti dikutip dari BBC, kelumpuhan saat tidur ini biasanya ditandai dengan ketidakmampuan sebagian atau keseluruhan anggota tubuh untuk digerakan dan juga tidak bisa berbicara atau berteriak.

Berdasarkan analisa dengan menggunakan polysomnograph (rekaman tidur) ditemukan adanya penekanan pada otot rangka orang tersebut.

Halusinasi yang menyertai kelumpuhan tidur ini bisa dalam berbagai bentuk, seperti exosomatic (gelombang, getaran dan gemetar), akustik (dering bernada tinggi atau suara yang keras), visual (cahaya atau persepsi ekstrim terhadap suatu objek), somatosensori (perasaan tubuh menjadi bengkok, diputar, ditekan atau sensasi seperti terbang dan mengambang) dan fisik (tiba-tiba merasa sakit di bagian tubuh).

Jika mengalami kelumpuhan tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terlepas dari kondisi ini, yaitu:
  • Cobalah untuk memastikan dan mengatur agar bisa tidur dalam posisi santai, serta usahakan untuk tidak terlalu lelah saat akan tidur. Karena kelelahan yang parah cenderung meningkatkan kemungkinan mengalami kelumpuhan tidur.
  • Usahakan untuk tidur dengan nyenyak, dalam arti tidak sering terbangun atau tidak merasa gelisah saat tidur.
  • Jika pernah mengalaminya, cobalah untuk mengidentifikasi penyebabnya sehingga bisa menghindari situasi atau kondisi yang terkait.
  • Usahakan tidur di tempat yang tenang dan memiliki ventilasi yang baik seperti ruangan berangin.
  • Sebelum tidur cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau membaca sesuatu yang menyenangkan dan lucu. Teknik ini bisa menghilangkan kecemasan yang bisa menjadi faktor penyebab kelumpuhan tidur.
  • Jika mengalami kelumpuhan saat tidur, usahakan untuk menarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya dengan paksa. Hal ini bisa membantu seseorang untuk terjaga.
  • Jika merasa akan mengalami kelumpuhan tidur, cobalah untuk melakukan beberapa jenis gerakan seperti menggerakkan jari sebagai bentuk perlawanan.
    (ver/ir)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "JANGAN PANIK ! INILAH CARA MENGATASI LUMPUH SAAT TIDUR (SLEEP PARALYSIS)"

  1. Orang jawa menyebutnya gejala ini dengan kelindih,banyak kaitan kelindih ini dengan gejala sleep apnea juga,kata kelindih ini menurut saya juga mengandung " gangguan tidur sleep paralys ini.Sangat berbahaya dan mematikan kayaknya.

    BalasHapus
  2. saya sering mengalaminya, tiap buka mata pasti ada ruangan hitam gelap. Jdi saya pejamkan mata saja krna takut.. Namun saya juga pernah LUCID DREAM, saat mengalami LUCID DREAM (sngat sering) saya selalu kesulitan kluar dr LUCID DREAM. Tp sya bsa keluar dgn menjatuhkan diri di LUCID DREAM, itu mmbuat orang disekitar saya kaget. Sbb merasa tersentak.

    BalasHapus
  3. Saya bawu pindah ke rumah bwu saya.... Rumah yang bwu siap di bina.. Saya pindah masuk dengan kadar segera tanpa sebarang amalan.... Bermula dari hari pertama sehingga seminggu tiap2 hari saya mengalami masalah sleep pryst ni... Setelah meminta pendapat rakan dan ustaz... Menbaca atau menbuka bacaan surah 30juzuk dan ayat yassin, kursi... Seharian... Selepas dari hari tersebut.. Sampai sekarang tiada masalah demikian.. Sudah setahun saya tinggal dsini tanpa sleep pryst ni....

    Adakah sleep pryst ni bersangkut dng alam mistik????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kaga lah, ga ada kaitan sama sekali dengan hal mistik, dan kejadian ini bisa di jelaskan Secara ilmiah dan logis. Hanya saja banyak juga yg percaya kalo kejadian seperti ini orang awam menganggapnya di tindih mahluk ghaib, tapi itu kan dulu, sekarang zaman udah canggih dan alat untuk meneliti juga canggih jadi ga zaman kalo masih percaya hal mistik :v

      Hapus
  4. Saya juga sangat sering mengalami sleep paralys, awalnya ada perasaan takut. Tp hal ini trjadi trus menerus. Ketika mengalami hal ini saya sering susah bernafas , tubuh tidak bisa digerakan, sampai ada yang membangunkan baru bisa bangun. Apakah hal ini ada hubunganya dengan gejala stroke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. I i demgan sama sayapun begitu disertai susah nafas

      Hapus
  5. Saya alami sejak kecil...usiaku kini 50 th madih sering saya alami kadang sebulan atau dua bln atau saat tertentu setiap malam. Kalu dah terjadi saya usaha dg gerak2kan jari kmd coba tangan n dg sentakan berhasil keluar dari kelindih tersebut..

    BalasHapus
  6. Saya sering mengalaminya sampai-sampai susah buat bernafas

    BalasHapus
  7. Saya udah 2x ngalamin di minggu ini..saya bner2 aget soalnya wktu mlm senen itu bner2 engalaman yang pertama buat saya..eh malam ini juga ngalamin..pas awal ngalamin sih g berlangsung lama,saya cm ngira itu mimpi..eh selang 2 hari ngalamin lagi..terus dalam hati saya baca ayat kursi sambil coba jentikin jari,alhamdulillah bisa bergerak lagi..jujur jadi takut mau tidur lagi.cm saya lg nyoba buat berpikir positif dan ga mengaitka dengan hal mistis..

    BalasHapus
  8. Bener... Aku nih udh berkali2 sleep paralysis. Sampe takut tidur.. Sekaranga aja, aku ga tidur dri jam 1:58 . Aku nyoba tidur beberapa menit eh pas ngerasa sleep paralysis, aku paksain bangun. Mata rasanya ngantuk baanget. Kyk gitu berkali2. Aku tidur smbil ndengerin musik ga ada efeknya. Aku jg baca ayat kursi ga ngefek. Tdi kejadian lgi, aku usaha teriak. Ga bisa. Trs aku nggigit lidah. Bisa tpi gimana2 gitu. Trs aku nggerak2in kepala dan akhirnya udh selesai tuh --"
    Pasti wktu sleep paralysis, aku ngerasa disebelahku ada bayangan item gitu. Jiwa kerasa kyk disedot :v aku jg ngira klo bayangan itemnya itu dementor :v ah.. Ntar sekolah. Ga kebayang ntar mata pandanya. Pasti keliatan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah ngalamin sama seperti anda, cuma bedanya saya mendengar ada suara di kepala saya. Semuanya campur aduk suaranya. Bangun bangun badan saya lemas kepala pusing kayak abis di cengkram.

      Hapus
    2. Saya barusan mengalami hal yang sama banget sama kamu non, saya di situ awal nya mimpi buruk trus saya sadar gak bisa gerak gak bisa bicara, trus denger suara ada yang bertanya tapi susahau jawab. Ini kejadian nya pas saya setengah tidut pula dan pertama kali nya juga

      Hapus
  9. Malam ini adalah pertama kalinya saya mengalami paralysis sleep. Walaupun pertama kali namun saya sudah beberapa kali mendengar tentang paralysis sleep. Saya sangat ketakutan hingga teringat bahwa jika bisa menggerakkan 1 jari atau mengeluarkan suara, anda bisa lepas dari paralysis sleep. Maka saya mencoba menarik napas yang panjang dan mengeluarkan suara sebisa saya dan akhirnya saya bisa lepas dari paralysis sleep.

    BalasHapus
  10. Menurut saya kelumpuhan tidur ini juga ada kaitannya dengan hal mistis
    Saya sangat sering mengalami kelumpuhan tidur. Terlalu sering hingga saya terbiasa. Bahkan saya bisa mengalaminya berkali" pada malam yg sama. Saya semakin lelah karena hal ini selalu terjadi, hingga saya bercerita kepada orang tua saya. Mereka menenangkan saya dan menganjurkan memperbanyak ibadah dan shalat. Saya mengikuti anjuran orang tua saya, dan alhamdulillah, walaupun sleep paralysis nya tidak hilang scr total, tetapi sudah tidak sesering dulu.

    BalasHapus
  11. Saya hari ini jam 02.32 ,kamis 8 juni 2017. Barusan aj ngalamin hal yg sama....saya baru aja mulai tidur ,blom ada 1menit saya bermimpi ada dlm kuburan...dan saya buka mata. Badan semuanya gx bisa d gerakin ,triak pun jg gx bisa...saya ngrasa seperti melayang.....rasa takut gx ilang2

    BalasHapus
  12. Saya sering sekali mengalaminya bahkan kadang berulang ulang kali. Apkah ad kaitannya dengan kebiasaan sering tidur larut malam?

    BalasHapus
  13. Saya baru saja mengalaminya, bahkan setelah saya sadar, masih dalam keadaan ngantuk berat, pas mau ditidurkan lagi, kejadian itu terulang lagi, kadang kadang sampai saya mencoba melakukan kegiatan biar tidak merasa ngantuk lagi.

    BalasHapus

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner