Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

DENGAN TES DARAH SEDERHANA KAPAN ANDA MENOPAUSE DAPAT DIPREDIKSI


Tak perlu lagi menebak-nebak kapan menopouse datang. Dengan tes darah sederhana, dalam hari yang sama dokter bakal bisa menebak kapan persisnya menopouse itu menghampiri kita.

Dalam penelitian yang akan dipresentasikan pada hari Senin pada sebuah konferensi fertilitas Eropa di Roma, para ahli mengatakan penelitian pendahuluan di Iran itu bisa menjadi langkah pertama untuk mengembangkan sebuah alat untuk membantu wanita memutuskan kapan mereka ingin memiliki anak.

Tes tidak memprediksi kapan wanita akan kehilangan kesuburan mereka - yang biasanya terjadi sekitar satu dasawarsa sebelum menopause - tetapi jika dokter tahu kapan perempuan akan masuk pada fase menopause. Caranya adalah dengan menghitung secara kasar kapan mereka akan kehabisan telur.

Para ilmuwan mengatakan tes itu bisa sangat membantu dalam mengidentifikasi wanita yang mungkin masuk ke menopause dini. Dalam beberapa dasawarsa, kecenderungan perempuan untuk mendapatkan menopouse pada akhir usia 40-an tahun lebih tinggi dari sebelumnya, yaitu pada pertengahan usia 50-an.

Saat ini, ada beberapa petunjuk bagi dokter untuk mengatakan mana wanita muda mungkin menuju menopause dini. "Tes darah dan ovarium scan hanya memberikan pemberitahuan terlebih dahulu wanita beberapa tahun," demikian bunyi simpulan presentasi penelitian itu.

Dalam uji coba itu, ilmuwan Iran mengambil sampel darah dari 266 perempuan berusia 20 hingga 40 dan mengukur jumlah hormon anti-mullerian, atau AMH, dalam tubuh mereka. Pengujian jumlah AMH pada wanita memberitahu dokter berapa banyak telur yang tertinggal dalam ovarium. Dua sampel darah diambil pada enam tahun berikutnya dan pemeriksaan fisik juga dilakukan.

Berdasarkan jumlah AMH, ilmuwan menggunakan model matematis untuk memperkirakan kapan perempuan akan masuk ke menopause. Prediksi para peneliti adalah akurat untuk dalam waktu empat bulan. Studi ini dimulai pada tahun 1998 dan terus diperbarui hingga saat ini.

"Ini bukan sesuatu yang kita bisa mulai bergulir besok," kata William Ledger, pakar kesuburan di Universitas Sheffield, yang tidak terlibat dalam penelitian. "Tapi itu bisa sangat berguna untuk wanita muda yang membuat pilihan tentang apakah bekerja atau memiliki keluarga."

Penelitian sebelumnya di Kanada, Amerika Serikat, dan tempat lain telah menyarankan menganalisis AMH untuk membantu memprediksi kapan perempuan akan masuk ke menopause, tetapi tidak ada studi jangka panjang setelahnya.

"Jika model kita divalidasi, lalu perempuan berusia 20-an bisa melakukan tes darah dan kami dapat menyediakan perkiraan yang baik bagi mereka tentang waktu datangnya menopouse, sehingga mereka bisa lebih gampang merencanakan untuk mempunyai anak dan seterusnya," kata Dr Ramezani Tehrani, seorang profesor ilmu kesehatan di Universitas Shahid Beheshti di Teheran, yang memimpin penelitian.

Beberapa ahli, bagaimanapun, skeptis tes darah tunggal pada perempuan muda bisa begitu mudah mengungkapkan jatuhnya waktu menopouse. "Prinsip pengukuran AMH adalah wajar, tapi saya tidak yakin Anda bisa memprediksi (menopause) beberapa dekade di muka dengan satu tes," kata Nick Panay, seorang ginekolog di Rumah Sakit Chelsea di London. Dia mengira mungkin perlu untuk menguji perempuan lebih sering saat mereka semakin dewasa untuk memantau jika kadar hormon menurun, sebagai indikasi menopause sudah dekat.

Para dokter mengatakan lebih banyak data harus tersedia tentang reliabilitas tes di sekitar lima sampai enam tahun. "Kalau kita menggunakan tes untuk menasihati wanita tentang kapan sebaiknya memiliki anak atau memiliki (in-vitro fertilisasi), maka perlu tes yang sangat kuat," kata Dr Nicholas Macklon, profesor kebidanan dan ginekologi di University of Southampton.



REPUBLIKA.CO.ID
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DENGAN TES DARAH SEDERHANA KAPAN ANDA MENOPAUSE DAPAT DIPREDIKSI"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner