Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

WAJAH KELIHATAN BURUK AKIBAT ASAP ROKOK

Bahaya rokok yang merusak jantung, paru, otak sudah banyak diketahui orang. Tapi efek merokok juga bikin buruk rupa alias penampilan yang tidak sehat seperti gigi kuning, noda hitam di wajah dan kulit jadi mudah keriput.

Seperti dilansir dari Health, Rabu (24/2/2010) setidaknya ada 15 efek rokok yang membuat rupa Anda semrawut. Percuma punya wajah ganteng dan cantik jika terlihat loyo dan tidak sehat akibat merokok.

Berikut 15 efek negatif yang bikin perokok tak enak dipandang mata:

1. Kantung mata
Kantung mata biasanya timbul karena orang tidak mendapatkan tidur yang cukup. Kantung mata membuat orang terlihat lelah dan tidak segar.

Menurut studi yang dilakukan Johns Hopkins, perokok mengalami empat kali lebih banyak masalah tidur tidak nyenyak dibandingkan yang tidak merokok. Efek nikotin di malam hari membuat Anda menjadi susah tidur.

2. Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit autoimun yang sulit disembuhkan. Orang yang bukan perokok pun bisa terkena psoriasis, tapi jika Anda merokok risikonya menjadi lebih besar. Perokok pasif yang sedang hamil dan anak-anak juga bisa terkena risiko psoriasis.

Menurut studi yang dilakukan tahun 2007, jika Anda merokok satu bungkus per hari selama 10 tahun atau kurang maka risiko psoriasis meningkat 20%, jika merokok selama 11-20 tahun risiko psoriasis 60% lebih tinggi, dan bagi mereka yang merokok lebih dari 20 tahun risiko psoriasis meningkat dua kali lipat.

3. Gigi kuning
Nikotin dalam rokok bisa menodai gigi dan membuat warnanya terlihat tidak bersih. Bisa saja si perokok mempunyai gigi putih dengan pergi ke dokter gigi tapi tentu saja harus mengeluarkan biaya rutin yang tidak murah. Tidakkah Anda ingin punya gigi cemerlang yang membuat orang senang melihatnya.

4. Penuaan dini dan berkeriput
Merokok bisa mempercepat proses penuaan. Perokok terlihat 1,4 tahun lebih tua daripada yang bukan perokok.

5. Jari-jari menguning
Nikotin dalam asap rokok tidak hanya dapat membuat gigi cokelat atau kuning, tetapi juga bisa membuat kotor jari dan kuku. Memang jari dan kuku kuning akibat rokok bisa hilang dengan perawatan pemutih. Tapi dari pada repot-repot bukankah lebih indah terlihat alami karena tidak merokok.

6. Rambut tipis
Menurut ahli kimia racun dalam asap rokok dapat merusak DNA dalam folikel rambut dan menghasilkan sel-radikal bebas yang merusak rambut. Alhasil, perokok memiliki rambut tipis dan cenderung beruban lebih cepat daripada bukan perokok. Laki-laki yang merokok punya peluang dua kali kehilangan rambut dibanding bukan perokok.

7. Kulit banyak parutan atau goresan
Nikotin menyebabkan vasokonstriksi, yakni penyempitan pembuluh darah yang dapat membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke pembuluh darah tipis di wajah atau bagian lain dari tubuh.

Jika terjadi vasokonstriksi maka apabila Anda terluka akan makan waktu lama untuk penyembuhannya dan Anda akan memiliki bekas luka yang besar dan merah dibanding yang tidak merokok.

8. Gigi copot
Merokok membuat masalah besar terhadap gigi termasuk risiko kanker mulut dan penyakit gusi. Studi di Inggris tahun 2005 yang dimuat dalam Journal of Clinical Periodonti menyebutkan, perokok enam kali lebih besar mengalami penyakit gusi yang dapat menyebabkan hilangnya gigi.

9. Sinar di wajah meredup
Coba perhatikan si perokok, pasti wajahnya lesu dan kehilangan sinar alaminya. Tentu saja ini terjadi karena asap rokok mengandung karbon monoksida yang menggantikan oksigen dalam kulit Anda. Sedangkan nikotin mengurangi aliran darah, membuat kulit kering dan berubah warna. Merokok juga banyak menguras nutrisi, termasuk vitamin C. Padahal nutrisi dan vitamin C membantu melindungi dan memperbaiki kerusakan kulit.

10. Penyembuhan luka lebih lama
Kulit perokok yang kondisinya rusak membuat tubuh si perokok butuh proses lama untuk penyembuhan luka. Si perokok yang mengalami operasi kulit, operasi gigi harus butuh waktu lebih lama untuk memperbaiki lukanya.

11. Kutil
Meski alasannya belum jelas, perokok lebih rentan terhadap infeksi papillomavirus (HPV) yakni virus yang salah satunya dapat menyebabkan kutil termasuk kutil di kelamin.

Meskipun kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang disebabkan HPV, merokok juga menjadi faktor risiko terkena itu. Menurut sebuah penelitian, perempuan yang merokok hampir empat kali lebih mungkin memiliki penyakit kutil kelamin dibanding yang bukan perokok.

12. Kanker kulit
Merokok adalah penyebab kanker seperti paru-paru, tenggorokan, mulut, dan kanker kerongkongan. Jadi tidak terlalu mengejutkan jika rokok juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Menurut penelitian tahun 2001, perokok tiga kali lebih mungkin terkena kanker kulit daripada yang bukan perokok.

13. Stretch mark
Stretch mark atau parut-parut di kulit sangat ditakuti perempuan karena kulit jadi terlihat jelek. Nikotin yang ditemukan dalam rokok ternyata bisa merusak serat dan jaringan ikat di kulit yang menyebabkannya kehilangan elastisitas dan kekuatan kulit.

Stretch mark berupa guratan merah di kulit terbentuk ketika berat badan bertambah dengan cepat. Siapa saja bisa mendapatkan stretch mark dengan berat badan yang cepat (seperti dalam keadaan kehamilan), tetapi rokok dapat menjadi faktor penyebab lainnyanya.

14. Perut yang lembek
Rokok memang penekan nafsu makan dan orang yang merokok memiliki berat badan yang lebih rendah daripada yang bukan perokok. Namun, sebuah studi tahun 2009 di Belanda menemukan bahwa perokok memiliki lemak yang lebih dalam daripada bukan perokok.

Lemak yang dalam ini dapat menumpuk di bagian tengah tubuh Anda, akhirnya meningkatkan risiko penyakit lain seperti diabetes.

15. Katarak
Merokok dapat meningkatkan risiko katarak karena meningkatkan stres oksidatif pada lensa mata. Orang-orang yang terus merokok memiliki risiko 22 persen terkena katarak.


Irna Gustia - detikHealth
loading...

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "WAJAH KELIHATAN BURUK AKIBAT ASAP ROKOK"

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner