Informasi di blog ini hanyalah sekedar untuk tujuan informatif yang bersifat umum, Silahkan konsultasikan penyakit dan keluhan kesehatan Anda kepada ahlinya
loading...

BAGAIMANA RESIKO MEROKOK WANITA HAMIL

Risiko merokok pada ibu hamil antara lain: Risiko terjadi keguguran lebih besar pada perempuan perokok dibanding mereka yang tidak merokok; Asap rokok juga dapat memperlambat kenaikan berat badan ibu saat hamil sehingga ibu akan mudah terserang infeksi; Lebih sering ditemukan melahirkan bayi prematur; Air Susu Ibu (ASI) yang dihasilkan menjadi kurang berkualitas sehingga dapat menghambat pertumbuhan si anak; Dapat meningkatkan kelainan letak plasenta seperti misalnya:
  • plasenta terletak di muka jalan persalinan /menutup jalan lahir, selain itu plasenta bisa menjadi sangat mudah terlepas sehingga bisa berakibat jelek pada ibu dan anak
  • dapat meningkatkan KPD (ketuban pecah dini) dengan akibat memperlambat jalannya persalinan
  • sering sampai harus dilakukan sectio caessar untuk bisa menolong si anak dari persalinan
  • belum lagi risiko bahaya lain yaitu ibu bisa juga terkena penyakit seperti kanker paru-paru yang mempercepat kematian, padahal sang bayi masih sangat membutuhkan ibunya.


Risiko pada janin:

  • Asap rokok dapat menghambat kenaikan berat badan bayi sehingga berakibat janin mudah terserang penyakit infeksi
  • dapat meningkatkan kelainan bawaan pada bayi yang dikandung
  • dapat menurunkan kecerdasan pada si bayi
  • bayi bisa lahir sebelum waktunya/prematur

Setelah mempelajari banyaknya bahaya yang dapat ditimbulkan akibat merokok baik kepada ibu yang hamil maupun kepada janin yang dikandung maka alangkah bijaksananya bila Anda segera menghentikan kebiasaan merokok tersebut dan mulai mempersiapkan kesehatan diri sendiri serta dapat menghargai anugerah TUHAN bagi Anda dan suami yang dititipkan dalam rahim Anda. Apalagi tidak semua perempuan perokok bisa seberuntung Anda.

Memang tidak mudah bagi seorang pecandu rokok untuk mendadak berhenti, tapi Anda perlu berusaha kuat dengan memiliki niat yang sungguh-sungguh. Mungkin Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau psikolog Anda, dan terutama berdoa mohon pertolongan Tuhan untuk berhenti dari kebiasaan buruk yang sangat merugikan ini. Sehingga anda boleh berharap memiliki keturunan yang sehat, juga supaya Anda mempunyai tenaga yang cukup untuk melahirkan nanti, kalau bisa tidak harus mengalami kesulitan selama hamil maupun persalinan.

sumber : dr. Stephanie Pangau, MPH

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAGAIMANA RESIKO MEROKOK WANITA HAMIL"

Posting Komentar

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru di inbox anda:

Delivered by FeedBurner